Archive for category Sains

Foto Unsur-Unsur Kimia


tabel periodik

Unsur adalah suatu zat yang terdiri dari atom-atom zat tersebut. Bisa dibilang unsur itu adalah zat murni. Berikut cuplikan foto-foto mereka sesuai dengan susunan tabel perioik

(awas bandwidth killer) šŸ˜†

Lanjut …

Iklan

, , , ,

1 Komentar

Komik Keperibadian Anda Menurut Golongan Darah


Menurut saya (juga konsensus umum para ilmuwan psikologi), kepribadian seseorang tidak dapat ditentukan oleh golongan darah (oh, dan teori itu pertama kali dipopulerkan oleh Nazi). Itu sama konyolnya seperti mengatakan bahwa perilaku mengemudi seseorang ditentukan oleh jenis oli yang ia gunakan dalam kendaraannya: sangat tidak berdasar dan menafikan banyak hal-hal lain yang jauh lebih menentukan, seperti genetik, pola asuh orangtua, lingkungan sosial dan pendidikan.

Tetap saja, saya tidak bisa menahan godaan untuk tidak meneruskan komik strip ini yang saya dapat dari sebuah e-mail berantai (dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh entah siapa). Sangat jenaka, dan entah kenapa gambaran komik ini mengenai golongan darah A sangat mirip dengan saya. Apakah teori kepribadian-menurut-golongan-darah ini mengandung setitik kebenaran, atau ia hanya memanfaatkan karakteristik-karakteristik samar seperti layaknya astrologi? Apakah golongan darah dan kepribadian anda digambarkan secara akurat oleh komik ini?

Baca entri selengkapnya »

, , , , , ,

Tinggalkan komentar

Soal Psikotest, 85% Tepat Sasaran


Di bawah ini adalah contoh psikotest, yang menurut saya 85% terjadi dengan saya, (halah bahasanya, juelek banget), langsung aja liatin sendiri deh.. silahken …

1. Bentar lagi mau kiamat nih. Kalo kamu bisa nyelametin satu jenis binatang, binatang manakah yang beruntung?

a. Kelinci
b. Domba
c. Rusa
d. Kuda

Baca entri selengkapnya »

, , , , ,

1 Komentar

13 Fakta Tentang Bahtera Nabi Nuh


bahtera

Allah memerintahkan Nuh untuk membuat bahtera. Bersama para pengikutnya, Nuh mengumpulkan paku dan menebang kayu besar dari pohon yang ia tanam selama 40 tahun. Melalui wahyu-Nya, Allah membimbing Nuh membuat bahtera yang kuat untuk menghadapi serangan topan dan banjir. BerikutĀ  fakta oleh Bahtera Nuh :

1. Bahtera Nuh Dipimpin Oleh Nahkoda Tertua Di Dunia (berusia 600 th) Ibnu Abbas menceritakan Bahwa nabi Nuh diutus pada kaumnya ketika berumur 480 tahun. Masa kenabiannya adalah 120 tahun dan berdakwah selama 5 abad. Dia mengarungi banjir ketika ia berumur 600 tahun dan kemudian setelah banjir ia hidup selama 350 tahun.

Baca entri selengkapnya »

, , , , , , , , , ,

Tinggalkan komentar

Meningkatkan IQ dengan Cara Bernafas


Wah, pasti tidak pernah terpikirkan yaa… bahwa dengan cara bernapas pun kita dapat meningkatkan IQ dengan cara menyeimbangkan proses kerja otak kanan dan otak kiri kita.

Yang dikatakan jenius itu (pake standard IQ ya…) adalah orang yang mampu mengoptimalkan fungsi otak kiri dan kanan. Tentu dah pada tahu dong, bahwa otak kiri dan kanan memiliki fungsi kerja yang berbeda-beda. contohnya, dalam urusan imaginasi dan berbahasa otak kanan lah yang paling dominan untuk kerja sedangkan otak kiri diserahkan urusan hitung menghitung (pokoke yang berbau matematik deh). Artinya; misalnya kamu mo ulangan matematika, maka kamu harus mempersiapkan otak kiri dan menjadikan otak kiri tersebut dominan dalam bekerja. sedangkan, ketika mo buat karya seni, ya… sebaliknya kamu harus mempersiapkan otak kanan untuk dapat optimal dan mendominasi kerja…
Baca entri selengkapnya »

Tinggalkan komentar

Bakteri Sebagai Penyimpanan Data


Ide menyimpan data di dalam bakteri sudah terlintas sekitar satu dekade terakhir. Pertimbangannya, bakteri yang paling sederhana sekalipun memiliki untaian DNA panjang yang bisa menyimpan enkripsi data.

Selain itu, secara alamiah, bakteri jauh lebih tahan terhadap kerusakan dibanding media penyimpanan elektronik manapun. Ia sanggup bertahan dari berbagai macam bencana yang dapat menghancurkan harddisk.

Reproduksi alami bakteri juga dapat dimanfaatkan untuk membuat duplikasi data dan menjaga integritas informasi yang disimpan. Ini juga membuat proses pengambilan kembali data dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Lanjut …

, ,

Tinggalkan komentar

60 Tahun Lalu Ia Negara Miskin, Tapi Sekarang Ia Negara Maju


TAU GA, TUH NEGARA MANA ?? ITULAH KORSEL

1950, KOREA SELATAN adalah salahsatu negara termiskin di dunia. Sama miskinnya dengan negara-negara termiskin di Afrika dan Asia. Ekonominya hanya bersandar pada pertanian, belum lagi sempat hancur gara-gara pendudukan Jepang dan Perang Korea.

Baca entri selengkapnya »

, , , , , , ,

Tinggalkan komentar

All About Time Traveler


Apaan sih itu ?

Time Travel, atau perjalanan menembus waktu, adalah sesuatu yang dianggap sains fiksi pada zaman ini. Banyak sekali film yang mengupas topik mesin waktu, contohnya Back to the future, Terminator, Timeline, Time Machine, Frequency, Heroes, Lost, The 4400, dll. Yang aneh, konsep waktu di beberapa film ini berbeda-beda loh.

Yang dimaksud dengan time travel adalah begini : kita (materi) atau informasi dikirim dengan suatu alat yang dinamakan dengan mesin waktu sehingga kita melompat ke masa depan, atau kembali ke masa lalu. Jadi hidup kita yang cenderung maju menuju masa depan bukanlah dikatakan time travel.

Baca entri selengkapnya »

, , , , ,

Tinggalkan komentar

The Never Ever Solved Problem


Banyak nya manusia cerdas di bumi ini ternyata tidak membuat semua masalah yang ada di bumi ini dapat diselesaikan, ternyata ada masalah yang tak pernah bisa di selesaikan oleh manusia bahkan bisa membuat otak manusia menjadi semakin hancur jika terus berpikir. Masalah apakah yang dapat membuat otak manusia menjadi error?? Kalian mungkin sudah pernah melihat robot2 yang sangat kuat yang ternyata kelemahannya adalah menghancurkan cara berpikir robot itu, mengobrak abrik sistem kerjanya.. Nah, sekarang manusia yang di begitukanā€¦ Itu lah Paradox.

1. Dilema buaya
Ada seekor buaya menculik seorang anak, kemudian dia berjanji pada ayah dari anak tersebut bahwa dia akan mengembalikkan anak tersebut jika sang ayah berhasil menebak apa yang akan dilakukan buaya tersebut. kira-kira apakah yang terjadi jika sang ayah menebak demikian:ā€Kau tidak akan mengembalikan anakuā€

paradoks dimulai di sini. Kalau tebakan sang ayah benar, bahwa buaya tidak akan mengembalikan anak tersebut, maka buaya harus mengembalikan anak tersebut dan itu membuat tebakan sang ayah menjadi salah

Baca entri selengkapnya »

, , , ,

Tinggalkan komentar

Mimpi Sebentar Lagi Bisa Direkam


Mimpi susah sekali diterangkan bahkan orang seringkali tidak hafal jalan ceritanya. Kebanyakan yang diingat hanya potongan-potongan mimpi saja. Tapi tak lama lagi mimpi bisa direkam. Bagaimana caranya?

Ilmuwan kini tengah membuat alat perekam mimpi dan menginterpretasikan mimpi tersebut hingga tak lagi jadi misterius.

Setiap mimpi adalah campuran dari naluri biologis, asumsi budaya dan pengalaman pribadi. Mimpi telah menjadi sesuatu yang membingungkan bagi umat manusia sejak awal peradaban hingga saat ini.

Otak paling berperan dalam mimpi yang terjadi mulai dari mimpi yang rumit hingga sederhana. Untuk merekam mimpi itu, ilmuwan menurut laporan pada jurnal Nature akan fokus pada visualisasi elektronik aktivitas otak.

Baca entri selengkapnya »

,

Tinggalkan komentar