Archive for category Ajax

Membuat Menu Tree dengan JQuery


Saya sedikit mau membahas, bagaimana membuat menu tree. Menu nya terbentuk seperti kesatuan hirarki, seakan seperti menu di Windows Explorer di komputer anda. Dengan sedikit teknik jQuery kita akan melihat menu tree yang cukup bagus. Dan tentunya dengan hasil yang maksimal, karena meman untuk itu jQuery dibuat, sesuai dengan slogan nya “Write Less Do More”. Kita hanya membutuhkan 3 file, yaitu file index.html, style.css, dan jMenu.js.

Lanjut …

Iklan

, , , , ,

1 Komentar

Buku Tamu dengan Ajax


Sebelumnya saya udah pernah bikin buku tamu dengan menggunakan PHP standar. Kalo di bilang buku tamu nya jadul banget, ga interaktif, maksudnya adalah begitu tombol submit di tekan, dia akan nge-link. Tapi kali ini menggunakan ajax bgtu tombol submit ditekan maka otomatis tulisan komentar dari user akan langsung ter-load (dengan menggunakan sedikit manipulasi teknik Ajax) tanpa nge-link sama sekali, keren kan :D.

Memang sih Ajax cuma bikin pusing dan ngejelimet, (gw aja puyeng, :P) . Tapi kalo mau website yang interaktif mau tidak mau menggunakan teknik Ajax ini.

Langsung aja kita mulai

Jangan lupa bikin database nya dulu

Nama database nya ‘latihan‘, trus bikin tabel dengan nama ‘comments

CREATE TABLE IF NOT EXISTS `comments` (
 `id` int(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
 `name` varchar(100) NOT NULL,
 `comment` text NOT NULL,
 `date` datetime NOT NULL,
 PRIMARY KEY (`id`)
) ENGINE=MyISAM  DEFAULT CHARSET=latin1 ;

1. Bikin file config.php

<?php
$hot    = 'localhost';
$user    = 'root';
$pass    = '';
$db_name= 'latihan';
$db        = new mysqli($host, $user, $pass, $db_name);
?>

Baca entri selengkapnya »

, , , , ,

3 Komentar