Nama Setan dan Pekerjaannya


1. Tsabr (Bathar)

Dia adalah pembawa musibah yang diperintahkan untuk merusak, menyobek saku saat manusia berduka, menampar pipi-pipi mereka dan ucapan-ucapa jahiliah yang keluar dari mulut mereka ketika bersedih atau dalam musibah dan merobek kantong bajunya sendiri.

2. Al-‘Awar

Dia adalah pembawa zina!!! Anak iblis bernawa A’war-lah yang menyuruh manusia untuk melakukan perbuatan zina, maksiat dan cenderung kepada hal-hal yang menjurus ketertarikan seksual baik pada lawan jenis maupun sejenis. Dan ketika banyak manusia itu berzina dan bermaksiat lalu dengan bangganya mengagungkan / menganggapnya bagus dan sesuai dengan perkembangan zaman moderen. Maka pahamilah, sesungguhnya yang membisikan mereka adalah A’war. Selain itu Al-‘Awar adalah setan penggoda orang yang berzina dengan menyebarkannya di kelamin laki-laki dan ketuaan pada perempuan.

3. Miswath (Mathus)

Dia adalah pembawa dusta, yang mendengar sesuatu lalu dia mendatangi seseorang dan mengabarinya apa yang didengarnya. Lalu orang itu menemui orang-orang seraya berkata, “Aku telah melihat seseorang yang masih kuingat wajahnya tetapi aku tidak tahu namanya, dia berkata kepadaku begini dan begitu” yang disebarkan melalui mulut-mulut manusia yang tidak ada sumbernya

4. Dasim

Tugasnya menyusup ke dalam diri seseorang tatkala menemui keluarganya, lalu dia menampakkan cela mereka di matanya (dihadapanya) sehingga membuat orang itu marah-marah. Al ‘Amasy berkata,”Ketika aku masuk ke dalam rumah dan tidak menyebut nama Allah SWT, serta tidak bersalam aku melihat api. Aku berkata,”Angkatlah, dan aku berbantahan dengannya. Kemudian aku ingat dan berkata, “Dasim, Dasim, Aku berlindung kepada Allah SWT darinya.

5. Zalanbur

Dia adalah penguasa pasar yang mengibarkan benderanya dipasar-pasar (baik pasar tradisional ataupun mall-mall dikota besar), Setan yang menggoda di pasar yang menghiasi hal yang sia-sia, sumpah, dusta dan memuji barang dagangannya.

6. Khanzab

Setan pengganggu orang salat. Muslim meriwayatkan dari Ustman bin Abi Al Ash. Dia berkata,”Ya Rosulullah, setan telah menghalangi antara diriku dan salatku dan tanda-tanda yang ia kenakan padaku.” Rosulullah bersabda,’Itu adalah setan yang di sebut Khanzab. Maka bila engkau merasakannya, berlindunglah kepada Allah darinya, dan meludahlah ke sebelah kirimu tiga kali.’ Maka aku melakukan itu dan Allah menghilangkannya dariku.

7. Walhan

Setan yang menggoda orang yang berwudhu dan membisikinya. Mujahid berkata,”Di antara keturunan setan adalah Laqnis dan Walhan,keduanya menggoda orang yang bersuci dan sholat. Keduanya digelari dengan al-Hafaf dan Murrah. Ubay bin Kaab meriwayatkan dari Nabi SAW. Beliau bersabda,”Sesungguhnya wudhu itu ada setannya yang bernama Walhan. Maka takutlah kalian semua dari sifat was-was pada air.” Diriwayatkan oleh Tirmidzi.

8. Abyadh

setan paling buruk dan kuat menggoda para nabi.

sumber : Hikaya Ash-Shufiyyah, Muhammad Abu Al-Yusr ‘Abidin

Tambahan

1. Qafandar, pkerjaan’a slalu menggoda manusia yg m’nyenangi dunia seni & musik smpai klewat btas hngga lupa k’wajiban’a sbg hamba Allah.
2. Akwariya Zawal, pkerjaan’a ikt srta dlm nikah & hbngan seksual.
3. Wahhar, pkerjaan’a m’buat manusia resah dgn mimpi” buruk.
4. Tamrih, pkerjaan’a m’bisiki tlinga manusia, yg krapkli m’buat hti qta b’ubah”.
5. Matkun, pkerjaan’a menipu manusia dgn b’bgai wjah.
6. Mudzhib, pkerjaan’a sm sprti Matkun. Yg tdk dpt ditiru hanya wjah Rasul. Sbb, ALLAH lngsng m’jga’a hngga iblis tdk bs msuk k dlm wlayah tsbt.
7. Ruhaa, pkerjaan’a b’tgas m’cegah manusia agr tdk bgn mlam utk shalat.
8. Mabshut, pkerjaan’a m’goda manusia utk b’bhong.
9. Muthrish, pkerjaan’a m’nyebarkn gosip yg bruk.
10. Haffaf, pkerjaan’a m’gnggu manusia & m’bjuk agr m’mnum khamar.
11. Raktubur / Zalanbur, pkerjaan’a m’nampakkn k’bhongan sbg k’baikan d pasar”.
12. Tsabara / Tsabur, pkerjaan’a m’bjuk manusia utk sling bnuh-m’bnuh.
13. Daasim, pkerjaan’a mnabuhkn gnderang prtikai’an & p’slisihan dlm rmh tngga.
14. Laqiswawalha / Walhan, pkerjaan’a m’bjuk wanita agr b’buat lesbian.
15. Khanzab, pkerjaan’a m’goda qta pda saat shalat hngga tdk khusyuk.
16. Abyadh, pkerjaan’a m’buat masyarakat marah s’hngga t’jdi kerusuan antar warga.

Nb : dilain kesempatan, insya Allah saya akan bahas lebih detail satu per satu,,🙂

, , , ,

  1. #1 by kasamago on 5 April, 2011 - 7:54 pm

    gan ijin copas y, bagus artikelnya

  2. #2 by suparno on 19 Maret, 2012 - 9:33 pm

    ana juga ijin copas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: