Selamat Tinggal BIOS, Selamat Datang UEFI


uefi

Siap-siap ucapkan selamat tinggal pada BIOS (Basic Input/Output System) dan kini sambutlah sang calon penggantinya, UEFI (Unified Extensible Firmware Interface). Teknologi baru inilah yang digadang-gadang bakal mengurangi waktu booting sebuah komputer secara drastis.

Kabarnya, UEFI akan ditanamkan pada komputer generasi terbaru. Dengan teknologi ini, komputer bisa menyala hanya dalam hitungan detik. Usut punya usut, UEFI rupanya merupakan software yang dikembangkan dari BIOS juga.

Booting adalah proses awal menyalakan atau membangunkan komputer dimana semua register prosesor disetting kosong, dan status mikroprosesor atau prosesor disetting reset. Selama lebih dari 31 tahun, komputer menggunakan teknologi BIOS sebagai software dasar untuk mengecek seluruh bagian komputer, seperti memori, perangkat yang tersambung dengan komputer dan sebagainya.

“Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 25 hingga 30 detik untuk booting komputer,” kata Mark Doran, kepala Forum UEFI. “Namun dengan teknologi baru ini, booting akan berjalan selama beberapa detik saja.”

Doran mengatakan, UEFI dibangun untuk memenuhi kebutuhan komputasi modern dan segera menggeser posisi BIOS yang sudah digunakan sejak 1979. Dia menjelaskan, sistem pada UEFI lebih mudah beradaptasi sehingga lebih cepat mengenali berbagai perangkat yang tersambung dengan komputer.

Teknologi BIOS yang digunakan untuk boot up komputer sejak 1979 diakui memang lamban. Ini menjadi salah satu alasan mengapa komputer membutuhkan waktu lama saat pertama kali dinyalakan.

“Ini memang bukan instant-on, namun sudah jauh lebih baik ketimbang yang bisa ditangani teknologi konvensional BIOS,” tambahnya.

Dikatakan olehnya, UEFI merupakan sistem yang lebih bisa beradaptasi, dapat mengatasi keyboard dan peripheral terkoneksi ke port yang berbeda, serta dapat digunakan untuk mendukung layar sentuh dan interface gesture generasi terbaru.

Para ahli memprediksi, UEFI akan mulai meramaikan pasar komputer tahun depan. Ya, tak heran jika para ahli memperkirakan UEFI akan sangat diminati. Pasalnya, banyak vendor komputer yang bekerja keras memangkas waktu booting pada komputer mereka. Salah satunya Google, OS Chrome yang segera meluncur dikabarkan akan membuat komputer bisa menyala dalam waktu singkat.

uefi

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: