Hello World menggunakan CodeIgniter


Pada CodeIgniter perlu diperhatikan bagaimana alur dari MVC, dan konfigurasi, sekarang saya akan membuat program yang sangat sederhana, yaitu, hanya menampilkan Tulisan HelloWorld di browser dengan menggunakan CodeIgniter.

Pertama-tama konfigurasinya harus pas, bisa di lihat disini. Tapi ada sedikit perubahan pada routes.php. Ubah lah seperti ini

$route['default_controller'] = "helloworld";

Lalu pada folder codeigniter/system/application/controllers/, trus bikin file bernama helloworld.php

<?php

class Helloworld extends Controller
{
 function Helloworld()
 {
 parent::Controller();
 }

 function index()
 {
 $this->load->view('helloworld_view');
 }
}
?>

Pada setiap program menggunakan CodeIgniter, Controller lah yang mengatur alur dari program itu sendiri. Pada Controller helloworld.php, harus ada Class yang bernama sama dengan nama file nya tetapi harus diawali dengan huruf besar diawal. Lalu ada Function yang bernama sama dengan nama Class, yang berfungsi sebagai Constructor, Constructor itu harus ada pada Controller dan Model, minimal hanya berisi seperti di atas. Lalu function index adalah function yang pertama kali di eksekusi dalam Controller, dan di dalam function itu Controller akan me-load View yang bernama helloworld_view yang nanti digunakan untuk menampilkan isi dari program ini.

Lalu pada folder codeigniter/system/application/views, lalu simpan dengan nama helloworld_view.php

<html>
<head>
<style type="text/css">
body
{
 background-color:#fff;
 margin:100px;
}

h1
{
 color:#444;
 border-bottom: 1px solid #D0D0D0;
}
</style>
</head>
<body>
<h1>Hello World</h1>
</body>
</html>

Pada program ini, gada Model nya, karena memang ga berhubungan dengan database apapun, jadinya kita ga membutuhkan Model. Membuat Helloworld saja, ribet banget sih, yah memang begitu cara framework bekerja, dengan konsep MVC yang harus diperhatikan, semua alur dari program diatur pada Controller, Model berhubungan dengan database, dan View yang akan menampilkan.

, , , ,

  1. #1 by yonkz on 2 Januari, 2012 - 12:57 am

    terima kasih atas tutorialnya, sangat membantu.. 🙂

Tinggalkan komentar