Cloud Computing [Part 2]


cloud

Lanjutan dari Cloud Computing
Selamat Datang di Dunia Masa Depan

PC masa depan akan tersedia pada setiap perangkat yang terkoneksi ke Internet. Hebatnya, resource yang disediakannya nyaris tanpa batas. Kapasitas penyimpanan dan kemampuan prosesornya bahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda. Sebesar dan secepat apapun kebutuhannya, dijamin Anda akan mendapatkannya. Tidak ketinggalan, adanya fasilitas enkripsi untuk menjamin keamanan data. Cukup dengan sebuah browser pada perangkat yang digunakan, Anda tidak perlu lagi harus menunggu start Windows selesai diproses. Dalam hitungan 10 detik, berkat bantuan teknologi instant-on, PC ini bisa langsung digunakan. Prosesnya bahkan bisa berlangsung dua kali lebih cepat pada perangkat always-on, seperti smartphone. Syaratnya, smartphone tersebut harus mendukung beberapa teknologi web yang ada saat ini (Flash, Silverlight, dan lain-lain).

Bagaimana soal harga? Jangan khawatir. Dengan konfigurasi standar, sebagian besar PC ini ditawarkan secara gratis. Anda hanya perlu membayar jika kebutuhan resource yang Anda inginkan tergolong sangat besar. Misalnya, bila Anda ingin merasakan bagaimana performa sebuah PC kelas workstation (server).

Browser sebagai pusat kendali

Salah satu teknologi Cloud PC yang bisa Anda jajal adalah www.mygoya.de/us. Pembuatnya (Magix) menyediakan sistem operasi Cloud PC gratis, myGOYA, yang bisa diakses melalui browser. Agar dapat mengakses myGOYA, install terlebih dulu Adobe Flash Player dan Java Runtime Environment (JRE) di PC Anda. Setelah berhasil melakukan registrasi di myGOYA dan login ke desktop-nya, akan tersedia banyak aplikasi, seperti Private Messenger, File Manager, Contacts, Bookmarker, Flickr, dan pengolah teks.

Selain itu, dengan account tersebut Anda juga dapat mengakses layanan lainnya dari Magix, seperti Magix Website Maker. Namun, karena gratis, hard disk online-nya yang hanya sebesar 512 MB memang minim dan tidak bisa diperbesar. Apabila Ingin layanan yang lebih mewah? Anda dapat mencoba icloud (http://icloud.com). Jangan tertipu dengan tampilan desktop-nya (kombinasi XP dan Vista), karena di baliknya tersembunyi Linux dengan interface yang telah dimodifikasi.

Di icloud Anda mendapatkan kapasitas penyimpanan 3 GB yang masih bisa Anda perluas. Melalui “Cloud Drive | Shared | Search” Anda mengakses file-file pada hard disk PC Anda yang biasa. Lebih banyak lagi: Buka menu Start icloud, di sana pilih “Internet | Browser”. Dengan cara itu, Anda bisa berselancar dengan PC online sambil memperbesar kapasitas penyimpanannya melalui layanan lain, seperti http://www.humyo.com (10 GB) atau http://www.adrive.com (50 GB).

Pada proses penyimpanan pada hard disk online, Anda akan menemui beberapa hambatan. Selama Anda hanya memindahkan file dalam PC online, koneksi DSL “lambat” berkecepatan 768 Kbps sudah mencukupi. Bahkan, film pun dapat di-playback dengan mulus, karena icloud mentransfer video dengan kompresi kuat ke browser. Namun, bila Anda meng-upload film, kecepatan upload yang lambat akan menghambat kesenangan Anda. Dengan teknologi baru yang mahal seperti V-DSL masalah ini tersingkir untuk selamanya (lihat tabel).

Upload-nya dilakukan dengan client WebDav yang bisa Anda download dari website icloud. Apabila Anda meng-install-nya pada PC biasa, Anda dapat mentransfer film ke PC online dengan nyaman.


Cara istimewa: Menyewa XP
Kebanyakan pengguna tidak mengalami masalah dengan icloud. Namun, bila Anda harus terus menggunakan Windows, misalnya karena aplikasi tertentu atau harus berbagi PC online dengan keluarga, Anda perlu menempuh jalan khusus yang untuk alasan lisensi Windows tidak mungkin gratis.

Pada layanan Nivio (http://geneva.nivio.com) yang berasal dari Swiss, Anda dapat mencoba XP dalam layout klasik beserta berbagai aplikasinya. Tarif sewa XP yang disebut “nDesktop” ini berkisar US$ 7/bulan. Untuk aplikasi seperti Office 2007, harganya berkisar US$ 4/bulan. Freeware seperti WinAmp di Nivio juga tersedia gratis. Melalui “Demo | Try Live Demo”, Anda dapat mencoba nDesktop secara cuma-cuma. Nivio juga menyediakan  hard disk online 10 GB yang bisa diperluas melalui http://www.humyo.com dan sebagainya tanpa masalah.

Penyedia (Cloud) PC Gratis: Hadir di Mana-Mana
Icloud, Nivio, dan myGoya bukan satu-satunya penyedia PC online gratis. Hadirnya teknologi web baru, seperti Ajax dan Microsoft Silverlight mendorong semakin banyak tersedia sistem operasi berbasis cloud yang berfungsi dalam browser. Beberapa penyedia layanan yang ada dapat Anda temukan pada tabel di bawah ini.

Sebagai langkah pertama, lihatlah pada kolom “Teknologi web”, apakah teknologi yang diterapkan layanannya didukung oleh PC atau smartphone Anda. Kriteria kedua adalah sistem operasi dan kapasitas hard disk yang tersedia gratis. Website streaming TV Internet dari AS biasanya memblokir akses dari luar negaranya. Jadi, pertimbangkan di mana lokasi Cloud (server) tersebut. Apabila lokasinya berada di AS, Cloud PC Anda akan mendapat alamat IP AS. Itu berarti Anda pun bisa mengakses website tersebut.

Penyedia Layanan Sistem Operasi Online Storage Aplikasi Lokasi Cloud Server Teknologi Web
www.windows4all.com Vista Basic Sekitar 20 USA Silverlight
http://eyeos.org Linux 67 Spanyol Ajax, PHP
www.glidedigital.com Glide OS 10 Gb Sekitar 15 USA Flash
www.mygoya.de/us MyGoya Online Desktop 512 Mb Sekitar 10 Jerman Flash
www.icloud.com Ubuntu / iCloud OS 3 Gb 38 Swedia XML
http://g.ho.st G.ho.st OS 5 Gb Tak Terhitung Israel Flash
www.oos.cc Serupa Windows 2000 1 Gb Tak terhitung Austria Javascript, Ajax
http://geneva.nivio.com Windows XP 10 Gb Harus Dikonfigurasi Swiss Java, ActiveX
www.startforce.com Startforce System 10 Gb 17 USA Ajax

Perusahaan besar siap start

Penyedia layanan yang saya perkenalkan di atas merupakan perusahaan Startup kecil atau proyek open source – kecuali Magix. Pemain besar seperti Microsoft dan Google saat ini belum menawarkan sesuatu yang bagus, tetapi upaya-upaya ke arah itu telah tampak.

WINDOWS AZURE: Belum lama ini pengembang dapat memrogram aplikasi untuk Windows yang ukurannya dapat diubah sesukanya dan hanya ada dalam sistem Cloud. Bagaimana hasil akhirnya ditunjukkan pada platform http://berry.unimall.com yang dikembangkan bagi para pelajar dan guru. Di sana dapat ditemukan icon-icon Windows, tetapi tidak ada desktop yang biasa. Windows Azure berfungsi sebagai motor di latar belakang. Apabila Unimall tidak menyebutkannya, tak ada yang menduga berada dalam sistem Cloud dengan Azure.

CHROMIUM OPEN SOURCE: Google juga tidak tinggal diam. Di sini browser Chrome yang dimodifikasi, di-install pada sebuah netbook sebagai pengganti sistem operasi. Hanya aplikasi tipikal Google seperti teks dan tabel, atau Picasa berfungsi di sistem Cloud. Chromium OS ditujukan untuk perangkat yang lebih murah dari netbook. Karena performa hardware terbatas, sistem operasi ini harus hemat resources. Kelebihan icloud atau sejenisnya yang dapat diakses dari mana saja ini sayangnya belum ditawarkan Google hingga kini.

Bekerja dengan super PC

Sekarang Anda memiliki sebuah PC yang fleksibel, dapat diakses dari mana saja. Namun, kelebihan apa saja yang ditawarkannya? Menulis teks dan berselancar dapat Anda lakukan dengan PC biasa. Untuk mendemonstrasikan kemampuannya, saya tunjukkan beberapa hal yang sulit dilakukan pada PC biasa atau ponsel.

Lancar menonton TV di ponsel :  Beberapa provider telah berjanji menyediakan layayan TV tanpa hambatan di ponsel, tetapi belum terwujud. PC Cloud yang bisa diakses pada ponsel bisa Anda coba untuk menonton TV (via koneksi Internet).

Dalam taskbar kanan icloud klik ganda “Google” untuk menstart pencarian. Masukkan “Internet TV” atau “Live TV”. Sebagai hasilnya, Anda bisa menikmati live streaming dari beberapa siaran TV di Internet. Pada beberapa layan, jika gambar TV tampak, cobalah menggerakkan mouse pointer atau jari Anda di atasnya untuk pindah ke mode fullscreen.

FILE SHARING YANG CEPAT: Bila teman-teman Anda memiliki sebuah cloud-TV dari penyedia layanan yang sama, Anda dapat berkomunikasi dan bertukar data dengan mereka. Apabila file-file tersebut telah ada dalam cloud TV, koneksi Internet Anda yang biasa tidak terhambat, karena transfer berlangsung dalam web-cloud.

Dalam menu Start icloud klik pada icon hijau “Share” dan tambahkan kontak Anda dengan “Add”. Sekarang, tarik sebuah file ke dalam kolom tersebut – pertukaran data telah dimulai. Client tipikal filesharing seperti BitTorrent belum tersedia untuk icloud. Namun layanan seperti RapidShare dapat Anda gunakan tanpa masalah.

NAVIGASI GRATIS: Layanan seperti Map24 menawarkan panduan rute gratis. Dalam browser PC online tampilkan http://www.map24.com, masukkan lokasi start dan tujuan. Layanan akan menampilkan rute yang tepat. Tentu saja ini hanya berguna pada ponsel dan netbook yang mendukung standar seperti UMTS. Anda pun dapat memakai layanan lainnya seperti Google Maps (http://maps.google.com) atau bing Maps (http://www.bing.com/maps) yang bahkan menampilkan bangunan dan pemandangan dalam 3D.

BROWSING BEBAS HACKER: Sukar untuk sepenuhnya anonim di web. Namun, Anda bisa lebih aman berselancar dengan browser yang tersedia pada PC Cloud. Apabila hacker mencoba melacak alamat IP Anda (PC Clioud itu sendiri). PC Anda sebenarnya tetap anonim. Di sini, saya tidak ingin menggali lebih dalam. Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat menemukan fasilitas lainnya yang hanya tersedia pada PC online.



, , ,

  1. Cloud Computing « Manguri's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: