Mobile Computing


mobile computing

APA itu Mobile Computing :
Mobile Computing biasa di sebut dengan istilah komputasi bergerak. Secara awam artinya adalah membuat dan mengambil fasilitas komputer yang diperlukan dan perangkat lunak dan menjadikan nya secara utuh menyatu dan di pakai di luar ruangan (di lapangan). Mobile Computing merupakan paradigma dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan. Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel). Perlu di perhartikan Mobile Computing tidak sama dengan Wireless Computing.

Banyak jenis komputasi bergerak ini dipakai, sejak tahun 1990-an, yaitu :

– Wearebale Computer
– Personal Digital Assistance atau PDA
– Smartphone
– Carputer
– Ultra Mobile PC, biasa di sebut Notebook

KENAPA harus Mobile Computing :
Seiring dengan perkembangan zaman, yang semakin maju, dan semakin luar biasa, maka kebutuhan akan perangkat bergerak dan berkomputasi semakin di butuhkan. Hampir tidak mungkin kita membawa-bawa Persona Computer kemana-mana karena ukuran nya yang lumayan besar dan berat sekali. Serta tidak praktis. Para ilmuwan berpikir ulang untuk menjawab masalah ini. Sehingga gagasan demi gagasan muncul seiring dengan canggihnya perkembangan dunia, dan imajinasi seseorang dalam berpikir tentang masa depan.

BAGAIMANA Mobile Computing :

Konsep awal dari komputasi bergerak adalah :

– Handoff : Kapan dan di mana saja melakukan nya
– Proses Migrasi: aplikasi infrastruktur pendukung yang mengikuti mobilitas
– Authentication
– Authorization
–  Security Encrypt

KETERBATASAN Mobile Computing :

Kurang nya Bandwidth :
Akses internet Mobile umumnya lebih lambat dibandingkan koneksi kabel langsung, dengan menggunakan teknologi seperti GPRS dan EDGE , 3G dan lebih baru lagi yaitu jaringan 4G yang akan segera hadir. Jaringan ini biasanya tersedia dalam jangkauan menara ponsel komersial. Terutama di Indonesia, karena sarana dan prasarana kurang memadai untuk koneksi internet yang sangat mobile di butuhkan bandwidth yang cukup besar.

Standar Keamanan :
Ketika bekerja satu mobile bergantung pada jaringan publik, yang membutuhkan hati-hati menggunakan VPN

Konsumsi Energi :
Ketika sebuah stopkontak listrik atau generator portabel tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuhnya pada daya baterai. Dikombinasikan dengan ukuran kompak banyak perangkat mobile, ini sering berarti baterai yang luar biasa mahal harus digunakan untuk mendapatkan masa pakai baterai yang diperlukan

Potensi Bahaya Kesehatan :
kecelakaan mobil lainnya yang berkaitan dengan pengemudi yang berbicara melalui perangkat mobile. Cell phones may interfere with sensitive medical devices. Ponsel dapat mengganggu perangkat medis yang sensitif. Ada tuduhan bahwa sinyal telepon seluler dapat menyebabkan masalah kesehatan.

APA Saja Perangkat Keras Untuk Mobile Computing :

Ada beberapa kategori perangkat komputasi portabel yang dapat berjalan di baterai tetapi tidak biasanya digolongkan sebagai laptop: komputer portabel, PC tablet keyboardless, Internet tablet, PDA, Ultra Mobile PC (UMPC) dan smartphone.

nokia n800

pda

ipad

Sumber : wikipedia

,

  1. What is a Mobile Computing | msodQ blog's

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: