Jam Terbilang


jam

Samlekum . . .

hai hai hai ketemu lagi ma adi nieh,

Iseng ah numpang buang artikel, lumayan kan bagi bagi sedikit pengetahuan buat temen temen yang merasa dirinya haus akan ilmu, he3x

Langsung aje kali ini gw mo bikin program yg sederhana banget , gw mo bikin program Jam Terbilang, maksudnya biasanya klo jam itu berbentuk angka dan angka , tapi kali ini gw mo biki jam dengan kata dan huruf, contoh jika di kompi lo nunjukin jam 12:30:15 , maka di program ini akan tertulis jam dua belas : tiga puluh : lima belas , simpel kan, mungik temen temen udah pernah ngliat artikel atau bacaan tentang fungsi terbilang ini, klo udah ya sukur dah,


klo belum langsung lanjutin terus baca nya mpe abis. Ide ini gw dapet dari buku yang gw pinjem dari temen gw, namanya Abdullah A.K.A Hitler, he3x, tapi di buku itu cuma ngasih tau fungsi terbilang di VB, pertama gw liat, sintax nya jauh lebih simpel dari pada, artikel yang pernah gw baca, ga tau kenapa pas gw maap lagi ee, gw kepikiran bikin jam terbilang ah, langsung aja gw otak atik sedikit VB nye, ketemu dah.

Program ini sederhana, sangking sederhana nya program ini cuma make 1 form, 1 label, dan 1 timer.

Langsung aja buka VB nya. Pilih Standard EXE

vb

Atur Interface nya sesuka ente lah, tapi klo dari gw kaya gini nieh liat aje di bawah . . .

vb

Udah kan ngatur nya di VB, abis itu kite bikin satu Function, nama function nya pembilang, nieh die listing nya :

Function pembilang(ByVal x As Integer) As String
Dim satuan As Variant
satuan = Array("", "Satu", "Dua", "Tiga", "Empat", _
"Lima", "Enam", "Tujuh", "Delapan", "Sembilan", "Sepuluh", "Sebelas")
Select Case x
Case 0 To 11
pembilang = " " & satuan(Fix(x))
Case 12 To 19
pembilang = pembilang(x Mod 10) & " Belas"
Case 20 To 99
pembilang = pembilang(Fix(x / 10)) & " Puluh" & pembilang(x Mod 10)
End Select
End Function

Penjelasan nya ntar gw jelasin sekalian, abis itu kita bikin Procedure di

Timer1, dobel klik aja di timer nya, nih dia listing nya :
Private Sub Timer1_Timer()
Label1.Caption = pembilang(Hour(Now)) & " : " & pembilang(Minute(Now)) _
& " : " & pembilang(Second(Now))
End Sub

Udah ngetik semua Procedure dan Function nya, tingal copy paste aja deh, seperti biasa, ga repot, ya tapi klo mo sedikit repot dan berasa ngetik koding nya, ya silahkan ngetik sendiri dah tu koding, lagian juga dikit koq, cuma beberapa baris, masa di copy paste juga, (payah beud)…he3x

Kali ini gw mo ngejelasin statement per statement, tapi mohon maap klo penjelasan gw kurang jelas, langsung aajaaa….

Function pembilang(ByVal x As Integer) As String
Dim satuan As Variant

Deklarasi nama function dengan menggunakan satu variabel parameter yaitu x dan dengan metode pengambilan  ByVal (By Value) dan tipe data function sendiri yaitu String

Deklarasi variabel satuan dengan tipe data Variant,pasti temen-temen bertanya kenapa variabel satuan bertipe Variant ,karena nanti akan berpengaruh di statement fix(x), karena jika bertipe Integer, varabel ini tidak akan berfungsi.

satuan = Array("", "Satu", "Dua", "Tiga", "Empat", _
"Lima", "Enam", "Tujuh", "Delapan", "Sembilan", "Sepuluh", "Sebelas")

Pemberian nilai variabel nilai sebagai Array, dengan member (anggota) seperti di atas.

Select Case x
Case 0 To 11
pembilang = " " & satuan(Fix(x))
Case 12 To 19
pembilang = pembilang(x Mod 10) & " Belas"
Case 20 To 99
pembilang = pembilang(Fix(x / 10)) & " Puluh" & pembilang(x Mod 10)
End Select

Terdapat seleksi kondisi menggunakan Select Case, jika Case 0 To 11 maka nilai dari function pembilang sama dengan salah satu anggota dari Array satuan, jika Case 12 To 19 maka nilai dari pembilang sama dengan pembilang dengan nilai x sama dengan hasil bagi dengan 10, dan di tambah dengan kata belas, jika Case 20 To 99 maka nilai pembilang sama dengan pembilang dengan parameter nilai x di bagi 10 (karena di dalam fungsi fix (x), fungsi ini berguna untuk mencari nilai bulat bawah terdekat), lalu di tambah dengan kata puluh.

End Function

Akhir dari Function

Private Sub Timer1_Timer()
Pemberian nama Procedure Timer1_Timer
Label1.Caption = pembilang(Hour(Now)) & " : " & pembilang(Minute(Now)) _
& " : " & pembilang(Second(Now))

Label1 akan berCaption (bertuliskan) sama dengan jam, menit, dan detik sekarang dan di dalam fungsi pembilang.

End Sub

Akhir dari Procedure

Kira-kira penjelasan nya seperti itu, klo ada yang kurang berkenan atau ndak ngerti, silahkan temen-temen buka lagi artikel atau bacaan tentang dasar-dasar pemrograman menggunakan VB, atau klo ga mau repot, silahkan langsung tanya ma gw, ok

vb

Tuh die PrintScreen program yang kita buat, simple banget yak, yah namanya juga program iseng, yg penting bisa bermanfaat buat kita sekarang atau nanti.

Thx buat temen-temen yang udah bersedia menyediakan sedikit waktunya buat baca artikel gw yg sederhana ini,Thx juga buat Mak Bapak gw,Thx 4 Allah Azza Wa Jalla, and Rasulullah SAW.

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

