Sepeda Tercepat di Dunia


Berapa kilometer per jam kecepatan kita biasanya saat bersepeda? jika kita asumsikan kita bukan seorang atlet mungkin bisa mencapai 60-70km/h. Saya sendiri entah kuat apa tidak mencapai top speed tersebut. Namun berkat ilmu pengetahuan dan dukungan teknologi mutakhir rupanya seorang manusia bisa menggenjot sepeda dengan kecepatan maksimal sebesar 82.819 mph atau 133,28 km/h dalam jarak 200 meter pada jalan datar!! Bahkan sepeda motor gue ngk bisa menyamai kecepatannya. Top speed speedometer saja hanya 120 km/h

Sepeda tersebut diproduksi oleh perusahaan asal Kanada bernama Varna Innovation & Research Corporation. Sepeda tercepat itu dikendarai oleh Sam Whittingham dan di desain oleh Georgi Georgiev. kok kayak nama orang Sunda yah? Big Grin. Ternyata perusahaan ini sudah menjadi langganan pemecah rekor sepeda tercepat hampir setiap tahun dan setiap kategori. Penentuan pemecahan rekor diambil di Battle Mountain, Nevada, USA pada tahun 2009.


Rekor 82.819 mph atau 133,28 km/h dicetak pada kategori 200m men flying start yaitu pembalap laki-laki yang menempuh jarak 200 meter dengan start sudah dalam keadaan berjalan dengan kecepatan tertentu dan ketika menyentuh titik start maka pembalap baru diijinkan memacu sepedanya semaksimal mungkin(flying start). Jika anda suka menonton balap mobil Nascar atau A1 GP ya mirip-mirip begitu. Rekor tersebut juga telah diakui oleh VIATeC Victoria Canada.

Sepeda ini berbentuk recumbent bicycle yang cara mengendarainya dengan berbaring, kaki selonjor menggenjot pedal dan tangan berada pada handlebar yang sejajar dengan dada atau leher pengemudi. Mirip seperti mengemudi mobil F1. Karena dibutuhkan aerodinamika yang baik maka sepeda tersebut ditutup dengan fairing berbahan ringan dan berbentuk pipih seperti badan ikan bahkan roda juga tertutup hanya meyisakan 1/4 bagian saja yang terlihat. Walaupun demikian, pengendara tetap bisa meilhat track karena terdapat bahan yang juga ringan namun bening sehingga layaknya kokpit jet tempur.

Nih versi video nya,, (buffer sebentar kok) …

nih link langsung nya …

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: